Arumi Bachsin Ajak Ratusan Pemuda Jadi Entrepreneur | Sumenep TIMES

Arumi Bachsin Ajak Ratusan Pemuda Jadi Entrepreneur

Dec 13, 2017 20:23
Arumi saat memberikan kuliah umum di STIEKEN Blitar.(Foto : BlitarTIMES)
Arumi saat memberikan kuliah umum di STIEKEN Blitar.(Foto : BlitarTIMES)

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesuma Negara Blitar mengadakan kuliah tamu dengan mengundang narasumber Arumi Bachsin, Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Trenggalek yang juga  Ketua Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek di Aula STIE Kesuma Negara, Rabu (13/12/2017). Acara kuliah tamu ini mengusung tema "Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Generasi Muda dalam Industri Kreatif" dan diikuti oleh ratusan mahasiswa.

Istri Calon Wakil Gubernur ini dalam paparannya mengajak seluruh pemuda untuk menjadi wirausaha-wirausawan agar  mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kreativitas, inovasi, tekad adalah kunci menjadi seorang wirausaha, pergeseran jaman dan majunya teknologi menuntut kita untuk kreatif dan respon terhadap arus perubahan,”  katanya disambut meriah oleh audiens.

Istri Bupati Trenggalek ini juga menyampaikan bahwa kemajuan teknologi harus dimanfaatkan dengan baik. Pemuda jaman sekarang sangat diuntungkan dan  dimudahkan dengan teknologi mulai adanya online shop, YouTube, Instagram, facebook. Semua bisa dimanfaatkan sebagai  peluang usaha, untuk jadi artis tidak butuh harus syuting sinetron lewat Instagram ada yang namanya selebgram. Lewat YouTube juga banyak yang memanfaatkannya sebagai media pencari rupiah melalui vlog dan lain sebagainya.

"Saat ini kita bisa jualan tanpa toko dengan memanfaatkan marketplace, disisi lain kita harus dituntut untuk kreatif karena di era online shop pesaing-pesaing kita adalah pesaing yang tidak terlihat,” ujarnya.

Lanjut Arumi, menurutnya saat ini  perkembangan teknologi sangat pesat sekali,  dahulu membuat film memakai kamera besar dan roll saat ini kamera lebih ringkas dan memakai memory card. Belanja tidak perlu ke mall namun lewat online shop sudah bisa dilakukan. Perkembangan teknologi inilah yang menurutnya harus direspon sebagai peluang.

"Rekan-rekan mahasiswa harus menjaga kreatifitas  dan mampu beradaptasi dengan jaman, karena yang akan bertahan dan mampu berkompetisi adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan,” tukasnya.(*)

Topik
blitar

Berita Lainnya