Posisi pohon trembesi yang tumbang memutus jalan antara Desa Junrejo dan Mojorejo di Jalan Diponegoro Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)
Posisi pohon trembesi yang tumbang memutus jalan antara Desa Junrejo dan Mojorejo di Jalan Diponegoro Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)

Akibat hujan disertai angin kencang dan akar pohon sudah tidak mampu lagi menahan beban pohon berdiameter lebih dari dua meter tumbang di di Jalan Diponegoro Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo.

Pohon tumbang ini langsung menutup jalan atau melintang salah satu penghubung Desa Junrejo dan Mojorejo, Kamis (14/12/2017).

Pohon tumbang berjenis trembesi itu memiliki tinggi kurang lebih 20 meter. Selain menutup jalan, juga membuat satu rumah warga tertimpa pohon. Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korbannya. 

Kepala Desa Junrejo, Kecamatan Andi Faizal Hasan mejelaskan pohon tumbang itu terjadi selain karena diakibatkan hujan deras disertai angin juga kondisi akar yang mulai keropos sehingga mengakibatkan pada pohon tumbang karena sudah tidak mampu menopang pohon.

“Iya, pohon tumbang ini karena kondisi pohon akarnya sudah keropos, lalu posisi pohon yang cukup besar jadi tidak mampu menopang,” ungkap Andi.

Mengetahui hal tersebut pihak desa bersama Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBD) Kota Batu, Pos Ramil 34 Junrejo, perangkat desa dan warga sekitar langsung turun untuk membantu mengevakuasi pohon agar segera bisa membuka jalan. 

“Jadi kami bersama-sama mulai dari BPBD Kota Batu, Pos Ramil langsung turun tangan. Dan cukup memakan waktu yang lama untuk menyingkirkan pohon itu karena cukup besar,” tambahnya saat dikonfirmasi.