Wabup Malang HM Sanusi (songko hitam) bersama Danrem 083 dan Dandim 0818 beserta para penyandang difabel dalam acara bansos di Kodim 0818, Kamis (14/12). (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Wabup Malang HM Sanusi (songko hitam) bersama Danrem 083 dan Dandim 0818 beserta para penyandang difabel dalam acara bansos di Kodim 0818, Kamis (14/12). (Foto: Nana/ MalangTIMES)

Di tengah arus egosentris yang kian menguat dalam masyarakat, kegiatan sosial yang terus tumbuh di Kabupaten Malang menjadi antitesa dari perubahan sosial dalam masyarakat.

Berbagai kegiatan sosial yang membuat masyarakat miskin dan penyandang difabel tersenyum dan bangkit dari keterpurukannya, terus bertumbuh di Bumi Arema. Seperti kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan di Kodim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu. Melibatkan tiga pilar, yaitu Pemerintah Kabupaten Malang, Polres Malang dan Kodim 0818 serta didukung penuh oleh berbagai komunitas masyarakat dan swasta, membuat Wakil Bupati (Wabup) Malang memberikan apresiasinya.

"Inilah sinergitas indah di Kabupaten Malang. Seluruh elemen berebut untuk memberikan yang terbaik kepada sesama yang membutuhkannya," kata HM Sanusi, Wabup Malang, Kamis (14/12).

Acara yang melibatkan puluhan masyarakat miskin dan penyandang difabilitas merupakan kegiatan yang terus lahir di tengah persoalan-persoalan kemiskinan yang sedang diminimalisir di Kabupaten Malang.

Seperti diketahui, persoalan kemiskinan yang jadi fokus pembangunan pemerintahan Kabupaten Malang di bawah kepemimpinan Dr H Rendra Kresna, tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan bersama.

Misalnya, dengan persoalan rumah tidak layak huni yang sampai saat ini masih menyisakan beberapa ribu unit yang perlu segera diatasi.

"Bedah rumah ini juga terus berjalan karena seluruh elemen yang ada bergerak bersama. Begitupun dalam hal lainnya, seperti membangunkan kemandirian para penyandang difabel," ujar Abah Sanusi sapaan Wabup Malang.

Kepekaan sosial adalah hal yang terpenting dalam mewujudkan berbagai pembangunan. Khususnya dalam pengentasan kemiskinan yang masih jadi pekerjaan rumah seluruh masyarakat dan pemerintah di Kabupaten Malang.

"Tiga pilar kita berjalan harmonis dan saling mendukung mewujudkan keberhasilan pembangunan. Ini diperkuat dengan kepekaan sosial masyarakat. Energi besar inilah yang akan mempercepat terwujudnya pembangunan," urai Abah Sanusi.

Dandim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad sebagai tuan rumah acara bansos juga mengatakan, bahwa tentara akan selalu siap untuk mendukung berbagai program kerja Pemerintah Kabupaten Malang.

"Karena kita satu tujuan. Merangkul masyarakat menuju keadaan aman, tertib, sejahtera. Kepekaan sosial dalam berbagai kegiatan khususnya di Kodim akan terus dikuatkan," ujar Ferry.