Pelaku saat diinterogasi pihak berwajib.
Pelaku saat diinterogasi pihak berwajib.

Hati-hati saat berada di Rumah Sakit Umum (RSU) dr Haryoto Lumajang. Sebab, banyak pencuri mengintai barang berharga milik keluarga maupun pengunjung pasien.

Hal ini dibuktikan dalam kejadian yang menimpa Peiti Amelia, warga Dusun Jowoan, Desa Banyuputih, Kecamatan Jatiroto. Korban kehilangan uang tunai Rp 170 ribu saat menjaga orang tuanya yang sedang sakit di rumah sakit setempat.

Kapolsek Kota Ipda Darmanto membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan telah terjadi tindak pidana pencurian biasa berupa uang tunai kurang lebih Rp 170 ribu.

"Kejadiannya Senin pagi. Korban menunggui bapaknya yang sakit dan dirawat inap di ruang Asoka 2 RSU Lumajang. Sewaktu korban kembali ke ruangan Asoka, uang miliknya yang diletakkan di laci sudah tidak ada," kata Darmanto, Senin (18/12).

Pelaku bernama Parasian Manurung (28), warga Desa Blukon RW 3/RT 8, Kecamatan Lumajang. Pelaku diduga melakukan lebih dari satu kali pencurian. Sebab, saat melakukan aksinya, pelaku lihai dengan menyamar sebagai pembesuk pasien di rumah sakit.

"ami menerima limpahan dari satpam RSU. Untuk sementara dari keterangan saksi, pelaku berpura-pura menjenguk pasien yang dirawat di rumah sakit. Pelaku ketangkap tangan usai mengambil uang milik korban," terangnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku diamankan di tahanan Mapolsek Kota Lumajang beserta barang bukti. Pelaku dijerat pasal  364  KUHP.  "Kami memeriksa saksi, melakukan lidik guna ungkap serta koordinasi dengan fungsi pembina satreskrim Polres Lumajang," ucap Darmanto. (*)