Latihan Sispam yang digelar Polres Blitar Kota.
Latihan Sispam yang digelar Polres Blitar Kota.

Kepolisian Resort (Polres) Blitar Kota memastikan siap mengamankan pelaksanaan pemilu serentak 2019 di wilayah hukum hukumnya. Kesiapan itu semakin menguat setelah sukses dilakukan latihan terakhir simulasi pengamanan pemilu, Senin (08/04/2019).

Untuk menjamin keamanan pesta demokrasi rakyat itu, Polres Blitar Kota akan memfungsikan program sispam (sistem pengamanan) Kota. Sispam disiapkan guna menjamin keamanan pemilu.

"Kami bersinergi dengan pemerintah kota, TNI Kodim 0808, untuk menskenariokan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi saat pemungutan suara. Hari kita latihan terakhir," jelas Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, Senin (08/04/2019).

Adewira melanjutkan, meski di Kota Blitar bukan kategori daerah rawan konflik pemilu, institusinya tetap antisipatif dengan segala potensi timbulnya ketidakamanan maupun kondusivitas ketika dan pasca-pelakanaan pemilu 2019 di Kota Blitar.

Polres juga telah menyiapkan 325 personel yang akan mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di setiap kelurahan di Kota Blitar.

"Indeks kerawanan pemilu di Kota Blitar hampir tidak ada. Mungkin hanya cerita pemilihan ulang saja saat pilgub kemarin. Untuk itu, Polri mempunyai protap pada situasi pemungutan suara. Situasinya adalah mungkin terjadi kericuhan. Oleh karena itu, sispam Kota tujuannya untuk mengembalikan ketertiban di wilayah hukum suatu daerah," ungkapnya.

Melihat kesiapan dan kesigapan anggota saat latihan sisten pengamanan pemilu itu, kapolres memastikan anggotanya siap untuk mengamankan perhelatan pesta rakyat tersebut.(*)