Salah satu kejadian hutan kebakaran di hutan Kota Batu.
Salah satu kejadian hutan kebakaran di hutan Kota Batu.

Memasuki musim kemarau sering kali Kota Batu terkena bencana kebakaran hutan. Karena itu bagi para pendaki yang akan mendaki gunung harus lebih berhati-hati saat membuat api unggun atau membakar daun. Apalagi sering kali kebakaran yang terjadi itu dikarenakan kelalaian pada pembakaran api unggun dan daun kering. Khususnya di pendakian Gunung Buthak maupun Gunung Panderman.

“Bagi pendaki harap menghindari penggunaan api unggun sebagai sumber api. Kami imbau khususnya bagi pendaki di gunung Buthak dan Gunung Panderman agar tak memakai api unggun di atas gunung,” ungkap Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Pujon, Padi Subowo.

Ia menambahkan pendaki agar tidak lalai ketika mendaki ke gunung di kawasan Kota Batu. Imbauan ini diberikan untuk mengantisipasi sebelum terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Salah satu penyebab kebakaran hutan itu saat pendaki membuat api unggun untuk menghangatkan diri di atas gunung. Namun tidak mematikannya dengan sempurna. "Ketika mematikan api unggun itu dipastikan benar-benar mati jangan ada titik api, ataupun bara yang terselip di antara kayu. Sehingga ketika bekas api terkena angin tidak merambat dan tidak menyebabkan kebakaran,” imbuhnya.

Menurutnya semua kegiatan yang menimbulkan api juga dilarang oleh Perhutani. Misalnya, membuang puntung rokok yang masih belum padam. “Sedikit saja kegiatan yang menimbulkan api itu lebih baik jangan dilakukan. Karena kemarau rawan terbakar. Kami imbau agar pendaki ikut menjaga kelestarian dan keaslian alam sekitar,” tambah Padi.