Kondisi gunung panderman beberapa saat lalu.
Kondisi gunung panderman beberapa saat lalu.

Meskipun kebakaran hutan Gunung Panderman sudah padam, namun masih menyisakan bara api di sejumlah titik. Untukngnya hingga Jumat (26/7/2019) sore bara api itu telah padam.

Padamnya bara api disejumlah titik itu setelah dilakukan pemadaman secara manual. Yakni dengan menggunakan sabit dan alat seadanya.

“Masih terdapat bara api pada koordinat -7.90218, 112.49825 pada ketinggian 2011 meter diatas permukaan laut (mdpl). Pemadaman secara manual telah dilakukan dan titik api sudah terkondisikan,” Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Tim berjumlah 7 orang dari BPBD Kota Batu itu telah menyusuri setiap sudut, pada Jumat ini melakukan pemantauan berlokasi di bawah Curah Banteng, hingga Puncak Gunung Panderman.

“Alhamdulillah kita terus memantau kondisi hutan ini. Dan syukurnya nihil titik api, dan sudah tidak menyisakan bara api,” imbuhnya. 

Selain itu pemadaman juga dilakukan dengan cara pengurukan atau penimbunan api. Sedang lahan terbakar hutan ini totalnya 70 hektar dari luas hutan Gunung Panderman 164,4 hektar. 

Menurutnya kebakaran yang terjadi tiga hari ini karena faktor alam atau musim kemarau. Ditambah dengan lahan hutan yang kering, kemudian angin yang bertiup cukup kecang membuat ranting-tanting bergesekkan menimbulkan bara api. Lalu merambat diranting-ranting pohon lainnya.