Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu  (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menyampaikan beberapa obsesinya untuk terus mengembangkan wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Usaha pengembangan ini diharapkan melibatkan masyarakat sehingga berdampak secara ekonomi bagi masyarakat setempat.

Ketika ditemui media ini, Bupati Lumajang mengatakan, kawasan TNBTS merupakan potensi wisata yang sangat besar. Ada Ranu Pane, Pendakian Semeru sampai puncak B29 adalah kawasan potensial yang bisa memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat.

"Sekarang belum kita lengkapi sarana dan prasarananya, wisatawan sudah datang kesana dalam jumlah yang sangat besar. Ini artinya sudah ada potensi besar disana untuk berkembang,"  kata Bupati Lumajang kepada media ini.

Kedepan, masih kata Bupati Lumajang, tinggal membenahi sejumlah infrastruktur yang memadai dan melengkapi kebutuhan wisatawan yang akan datang ke kawasan ini.

Jika seluruh kebutuhan wisatawan sudah tersedia dengan baik, maka pihaknya sangat yakin kawasan Ranu  Pane dan sekitarnya akan terus berkembang sebagai obyek wisata pilihan di Jawa Timur.

"Ada banyak hal yang harus kita benahi. Ada keterlibatan masyarakat yang harus kita dorong untuk berkembang, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya secara ekonomi dari aktivitas pariwisata disana nantinya," paparnya kemudian.

Bupati kemudian menyebut perlunya penginapan, rumah makan yang memenuhi kebutuhan wisatawan, dan kebutuhan lainnya.

"Ini kebutuhan diluar pengelolaan yang bisa dikerjakan oleh masyarakat setempat. Kita akan melakukan pembinaan agar rencana pengembangan wisata di 17 titik di kawasan TNBTS dapat menyertakan masyarakat dalam pengembangannya,"  ujarnya kemudian.