Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu  (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Hal lain yang memperoleh perhatian Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq seiring dengan rencana pengembangan wisata di Ranu Pane dan sekitarnya adalah tersedianya penginapan yang memadai bagi wisatawan yang akan datang ke tempat ini.

Menurut Bupati Lumajang, saat ini sebenarnya penginapan milik warga sudah ada, dan menjadi pilihan wisatawan yang datang ke Ranu Pane. Namun karena belum memperoleh pembinaan yang baik, maka pelayanan yang diberikan masih belum sebaik yang diharapkan wisatawan.

"Sebenarnya sudah ada penginapan disana. Tapi dari sisi pelayanan masih belum maksimal yang seperti harapan wisatawan. Mulai dari penataan tempat tidur, view ke kawasan pertanian, semuanya masih perlu pembinaan," ujar Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.

Bahkan ada sebuah penginapan yang view-nya bagus namun justru view tersebut terhalang tembok bangunan.

"Kalau saja ada jendela berhadapan langsung ke arah pemandangan yang bagus, maka hal itu akan lebih baik. Namanya juga melayani wisatawan, maka apa yang bisa diberikan ya harus diberikan, termasuk terkait view dari kamar-kamar itu," paparnya kemudian.

Kendati secara pengelolaan akan ditingkatkan, namun dari sisi pengembangan pelayanan harus tetap mengedepankan kultur dan muatan lokal yang ada di masyarakat setempat.

"Di Ranu Pane itu banyak potensi budaya yang juga sangat bagus menjadi sajian kepada wisatawan, maka hal ini harus dipertahankan dan dikembangkan menjadi potensi wisata, bukan semata agenda masyarakat setempat," jelasnya kemudian.

Oleh karena itu Pemkab Lumajang harus hadir untuk mengembangan kawasan ini, termasuk didalamnya optimalisasi potensi dan pelayanan kepada masyarakat setempat.