Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu  (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika mengunjungi Ranu Pane pekan lalu (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Dalam perbincangan dengan media ini, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menyatakan keyakinannya, jika potensi wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berkembang dengan baik, maka potensi perhotelan dan kuliner di Lumajang juga akan membaik.

Bupati Lumajang sangat yakin, sebelum menuju ke TNTBS dan sekitarnya, sebagian wisatawan dari luar kota yang akan lebih dulu singgah di dalam kota Lumajang. Oleh karenanya Bupati yakin, sektor perhotelan juga akan berkembang di Lumajang.

"Sebelum berangkat mungkin akan menginap dulu di Lumajang. Mungkin juga ada yang stay di Lumajang setelah turun dari kawasan TNBTS akan menginap dulu di Lumajang, maka saya yakin sektor perhotelan akan berkembang juga nantinya," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq pada media ini.

Bupati kemudian mengatakan, dalam waktu dekat ini sudah ada beberapa investor yang akan membangun hotel di Lumajang. Ini diyakini Bupati Lumajang sebagai pertanda baik bangkitnya potensi wisata di Lumajang.

"Sudah ada beberapa investor yang akan membangun hotel di Lumajang. Dan saya yakin nantinya akan ada kerjasama yang saling menguntungkan. Pihak pengelola hotel akan membantu promosi wisata kita, sementara di kawasan wisata itu kita bantu juga promosi hotel-hotel itu," harapnya yakin.

Dengan konsep pengembangan bersama seperti ini diharapkan sektor pariwisata di Lumajang terus meningkat, khususnya setelah 17 titik di kawasan TNBTS memperoleh kucuran dana dari pemerintah pusat untuk dikembangkan.

"Di Jakarta kemarin saya datang sendiri, kabupaten lain ada yang hanya mengutus kepada dinas saja. Saya punya kepentingan untuk memajukan pariwisata di Lumajang, maka sengaja saya datang sendiri ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,"  ujar kemudian.