Para siswa MAN 1 Blitar antusias ikuti perekaman E-KTP Goes To School (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)
Para siswa MAN 1 Blitar antusias ikuti perekaman E-KTP Goes To School (Foto: Aunur Rofiq/ BlitarTIMES)

Untuk menyukseskan program perekaman KTP Elektronik (E-KTP) di Kabupaten Blitar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat terus melakukan perekaman jemput bola (Jebol) ke Sekolah Lanjutan setingkat SMA.

Perekaman E-KTP dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah di Kabupaten Blitar. Kali ini sekolah yang didatangi yakni MAN 1 Blitar di Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Kamis (13/2/2020). Layanan Jemput Bola di sekolah ini disambut gembira dan antusias oleh para pelajar.

Kepala Seksi Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Sunarko mengatakan Jemput Bola Goes to School ini sudah menjadi program rutin Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Jebol kali ini terbilang sukses dengan diikuti sekitar 200 lebih siswa dan siswi usia 16 dan 17 tahun.

“Tujuan kita melaksanakan jemput bola rekam E-KTP ke sekolah ini kan sebentar lagi Kabupaten Blitar akan menggelar pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati. Kemudian yang kedua memang rutinitas dimana setiap tahun selain jebol ke desa-desa kita juga jebol ke sekolah-sekolah khususnya tingkat SMA,” ungkap Sunarko kepada BLITARTIMES.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam kesempatan Jebol kali ini Dispendukcapil juga menyosialisasikan layanan E-SIAP kepada para pelajar MAN 1 Blitar.

“Sosialisasi E-SIAP ini agar paling tidak para siswa ini tahu bahwa ngurus adminduk itu gratis. Kedua, anak-anak itu paling tidak bisa meneruskan informasi ini kepada keluarga, tetangga, teman dan orang-orang yang mereka kenal. Ini upaya kami agar jangkauan E-SIAP  ini kian luas, warga harus tahu bahwa di Kabupaten Blitar itu bisa mengurus adminduk tanpa harus datang ke kantor, ya dengan layanan E-SIAP ini,” paparnya.

Lebih dalam Sunarko menyampaikan, kedepan layanan Jemput Bola Goes to School akan menyasar lembaga pendidikan lainnya di wilayah Kabupaten Blitar.

”Ya kebetulan untuk MAN 1 Blitar ini kemarin ada permintaan. Di sini siswanya banyak, untuk mengantisipasi karena untuk datang ke kantor Dispendukcapil itu bisa menganggu aktivitas belajar dan rawan kecelakaan. Jadi kedepan kita akan menyusun jadwal Jebol ke sekolah, paling tidak jadwal Jebol ke desa-desa itu selesai dulu,” tegasnya.

Kehadiran tim Jemput Bola Dispendukcapil Kabupaten Blitar disambut baik oleh warga sekolah MAN 1 Blitar. Zulvinisa siswi kelas II asal Desa Gondanglegi, Kecamatan Sutojayan, menyampaikan dirinya merasa senang dengan adanya layanan Jebol perekaman E-KTP di sekolah ini.

“Alhamdulilah terimakasih Dispendukcapil. Dengan perekaman ini saya sudah punya E-KTP dan selanjutnya saya akan cari surat izin mengemudi (SIM), agar tidak ketilang polisi jika berkendara di jalan,” tukasnya.

Sementara itu Agus Nurhadi selaku Waka Kesiswaan MAN 1 Blitar, mengatakan pihak sekolah sangat menyambut baik program Jebol dari Dispendukcapil Kabupaten Blitar.

“Program ini sangat bagus sekali, sangat membantu kami dalam pemberian pelayanan. Dengan adanya Jebol ini siswa kami jadi punya dokumen kependudukan yang lengkap. Kami berharap program yang bagus ini bisa terus dilanjutkan. Dengan adanya Jebol, siswa bisa mendapatkan E-KTP dengan tetap belajar tanpa meninggalkan sekolah,” pungkasnya.(*)

 

 

<