Foto muhlis/jatimtimes/pasar.desa
Foto muhlis/jatimtimes/pasar.desa

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin meresmikan Pasar Desa Jebung Judul, Kecamatan Tlogosari. 

Bupati melalui Kepala Diskoperindag, Sigit Purnomo, berharap pasar desa yang dikelola oleh BUMDes tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa.

Sigit menilai, langkah tersebut sangat tepat dalam rangka membuka lapangan kerja dan peluang usaha serta pemberdayaan UMKM khususnya di wilayah di Desa Jebung Kidul.

“Langkah ini sangat trategis karena membuka peluang usaha serta memberdayaan UMKM yang akan meningkatkan perekonomian warga Desa,” Kata Sigit.

Sigit menjelaskan, pasar sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli yang melibatkan segenap lapisan masyarakat, dari segi sosial budaya akan berdampak pada pembentukan karakter jiwa wirausaha, kebersamaan dan toleransi.

Ia menilai pasar yang dinamai ‘Pasar Kita’ Desa Jebung Kidul secara geografis sangatlah strategis karena bisa menjadi magnet bagi masyarakat di desa-desa dan kecamatan tetangga seperti Kecamatan Sukosari dan Kecamatan Pujer untuk berbelanja. Kemudian Pasar KITA juga sangat representatif sebagai pusat belanja karena terdapat sarana Toko Modern, Pasar Los, Kios dan fasilitas umum seperti tempat
ibadah, toilet, tempat pembuangan sampah dan area parkir.

“Sebagai pusat belanja sangat representatif karena fasilitasnya cukup memadai lengkap dengan sarana ibadah,” Jelasnya.

Sementara Kepala Desa Jebung Kidul, Ali Samsidi berharap keberadaan Pasar Kita yang juga menjual produk unggulan UMKM dari seluruh Desa se-Kecamatan Tlogosari dapat berkembang pesat. Karena merupakan sarana yang efektif sebagai etalse mempromosikan produk unggulan baik produk asli Desa Jebung Kidul maupun Kecamatan Tlogosari dan sekitarnya.

“Semoga berkembang pesat karena ini merupakan persbahan untuk masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan,” Tambahnya.

Samsidi optimistis Pasar Kita bisa menjadi akselerator tercapainya visi-misi Bondowoso Melesat yakni Mandiri Ekonomi, Lestari,

Sejahtera, Adil dan Terdepan dalam bingkai Iman dan Taqwa. Informasi yang dihimpun, pasar Desa terdiri dari 56 los pasar, 7 toko dan 11 etalase produk UMKM.

Acara peresmian ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh sejumlah pihak terkait diantaranya Kepala Dinas Sigit Purnomo, Kepala Desa Ali Samsidi serta sejumlah anggota DPRD. 

<