Peserta Silalu di Desa Bendo antusias mengikuti program Silalu.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Peserta Silalu di Desa Bendo antusias mengikuti program Silalu.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Puluhan warga Desa Bendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar dan Siswa SMAN 1 Ponggok mengikuti pelatihan ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM) gratis yang digelar Sat Lantas Polres Blitar Kota di halaman kantor desa setempat, Jumat (6/3/2020).

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, menyampaikan pelatihan ujian SIM gratis ini merupakan implementasi program Siapa Latihan Lulus Ujian (Silalu) dari Satlantas Polres Blitar Kota. Program Silalu diluncurkan untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Ini program inovatif dari instansi kami. Tujuanya ialah untuk memberi pelatihan bagi masyarakat yang ingin mencari SIM. Serta untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ungkap Leonard.

Kapolres menambahkan, dalam program Silalu ini kepolisian juga memberikan edukasi dan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas kepada masyarakat. Diharapkan seluruh peserta yang mengikuti Silalu  dapat memperoleh banyak wawasan dan lulus ujian SIM.

“Banyak edukasi yang diberikan dalam sosialisasi ini. Di antaranya dalam kesempatan ini anggota kami dari Satlantas memperagakan cara mengendarai sepeda motor dalam ujian praktek SIM yang benar sesuai aturan,” paparnya.(*)