Calon penumpang PT KAI saat dicek suhu tubuhnya sebelum masuk ke ruang boarding stasiuun (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Calon penumpang PT KAI saat dicek suhu tubuhnya sebelum masuk ke ruang boarding stasiuun (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Upaya pencegahan terhadap merebaknya virus Corona, juga dilakukan jajaran PT. KAI Daop 9 Jember, terhitung sejak Senin (16/3/2020), seluruh calon penumpang PT. KAI Daop 9 Jember, sebelum naik kereta api harus melalui pengecekan suhu tubuh di boarding Stasiun. Jika suhu tubuh penumpang diatas 38 drajat Celcius, maka calon penumpang akan dilarang meneruskan perjalanan.

“Sesui intruksi dari pusat, kami memberlakukan pengecekan suhu tubuh kepada calon penumpang, jika ada calon penumpang yang memiliki suhu tubuh diatas 38 drajat, maka akan kami minta untuk menunda pembatalan, dan otomatis akan kami refound pengembalian uangnya 100 persen,” ujar Mahendro Trang Bawono Manager Humas PT. KAI Daop 9 Jember.

Selain melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap calon penumpang, PT. KAI Daop 9 Jember juga menyiapkan Sanitizer yang dipintu masuk penumpang. Tidak hanya itu, PT. KAI juga melakukan penyemprotan Disinfektan ke seluruh stasiun setiap hari.

“Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa sudut stasiun, kursi tunggu dan beberapa tempat lainnya, kegiatan ini kami lakukan setiap malam usai kereta berangkat, semua ini upaya dari PT. KAI untuk mencegah adanya virus Corona agar tidak semakin tersebar,” ujar pria yang akrab disapa Hendro.

Sebelumnya, PT. KAI Daop 9 Jember juga melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona di berbagai stasiun dan internal PT. KAI, yakni sejak awal Januari lalu ketika mulai merebaknya virus Corona.

“Upaya-upaya preventif penyebaran virus corona terus kami lakukan baik di atas kerta api maupun stasiun. Kami juga mengajak pengguna KA untuk sama-sama proaktif mencegah penyebaran virus corona,” pungkasnya.