Salah satu mobil dari member Brionesia (brionesia_malang)
Salah satu mobil dari member Brionesia (brionesia_malang)

Sehubungan dengan penyebaran isu Covid-19 atau virus Corona, Musyawarah Nasional (Munas) dan Jambore Nasional (Jamnas) Brionesia di Kota Batu yang semula akan digelar 21-22 Maret 2020 ditunda menjadi 4-5 April 2020.

Dalam surat edaran yang sudah dibuat oleh Brionesia regional Jawa Timur, tertera pernyataan bahwa komunitas mobil Brio mengikuti instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona.

Sebagai upaya meminimalisir Covid-19, panitia pelaksana Munas dan Jamnas Brionesia menunda selama 14 hari. "Alasan penundaan Munas dan Jamnas ini pertama, sesuai imbauan presiden, kedua memang keadaan sudah tidak kondusif. Semisal, di Kota Batu mungkin belum ada larangan, tapi daerah lain atau chapter-chapter lain sudah ada, jadi kami antisipasi peserta yang ikut Jamnas jelas akan berkurang banyak," kata Ketua Panitia Pelaksana Munas dan Jamnas Brionesia 2020, Noki Wahyu Pratama.

Karena penundaan tersebut, Noki bersyukur karena member Brionesia sudah memahami dan menyadari kondisi yang terjadi saat ini. Bahkan, pihaknya juga dibantu oleh beberapa tempat yang akan digunakan Munas dan Jamnas untuk bisa diundur sementara waktu.

"Alhamdulillah semua memaklumin dan menyadari. Terutama pihak Batu Paradise Resort bisa membantu, jadi kita booking kamar dan ruang metting (untuk Munas) bisa di undur juga," ungkap Noki.

"Kalau dari Jatim Park 1 (tempat menggelar Jamnas) masih menunggu info lebih lanjut. Tapi surat dari panitia sudah dikirim kan," sambungnya.

Upaya penundaan sementara ini dilakukan pihak panitia penyelenggara bukan tidak lain untuk keselamatan bersama, karena event Brionesia ini melibatkan banyak orang dari seluruh Indonesia.

"Hal ini dilakukan supaya keadaan kondusif perihal penyebaran Corona dan kehadiran peserta juga bisa maksimal, jadi kita putus kan untuk mengundurkan 14 hari," kata Noki lagi.

Sementara itu, Noki mengaku bahwa kemungkinan besar schedule awal dengan mendatangkan disc jockey (DJ) juga bintang tamu Maretha Angel dan Happy Asmara tidak ada perubahan. "Kami hanya bergeser 14 hari saja, semoga tidak ada perubahan," pungkasnya.

Untuk diketahui, Munas dan Jamnas Brionesia 2020 akan mempertontonkan aksi budaya khususnya Jawa Timur yang di kolaborasi dengan modern. Hal itu dimaksudkan untuk memanjakan member Brionesia dari seluruh Indonesia yang datang ke Kota Batu nantinya.