Penyemprotan disinfektan sebagai upaya perangi virus coroma oleh warga .09 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru (Istimewa)
Penyemprotan disinfektan sebagai upaya perangi virus coroma oleh warga .09 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru (Istimewa)

Upaya perangi wabah virus corona terus dilakukan masyarakat Kota Malang. Secara mandiri, masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah persebaran virus yang menyerang bagian pernapasan itu.

Kali ini, giliran warga RW.09 Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru yang bergerak menginisiasi kegiatan Penyemprotan Disinfektan (Disinfeksi) di rumah pribadi, tempat kos dan rumah ibadah dalam rangka pencegahan dan memutus sebagian dari mata rantai penyebaran Virus COVID-19 yang sering disebut dengan Corona.

Salah satu inisiator kegiatan penyemprotan disinfektan, Arief Andy Soebroto menjelaskan, kegiatan disinfeksi melalui penyemprotan bahan disinfektan tersebut dilaksanakan hari ini, Rabu (25/3/2020). Kegiatan tersebut didukung penuh Supervisi dari Puskesmas Kendalsari Dinas Kesehatan Kota Malang dan Petugas Penyemprotan dari Banser Husada (BASDA) dari Anshor Lowokwaru  bersama Lembaga Sebar Sedekah.

"Penyemprotan dilaksanakan pukul 08.00 pagi dan selesai dengan lancar," katanya.

Sementara itu, warga setempat, Yuyud dan Suparlan menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan bisa memasyarakat tindakan pencegahan dan memutus sebagian dari mata rantai penyebaran Virus COVID-19. Karena ketika dilaksanakan secara masif dan bersama-sama, gerakan tersebut diyakini efektif.

Dukungan penuh pun disampaikan Kepala Puskesmas Kendalsari, drg Satindri yang berharap agar kegiatan serupa terus dilaksanakan masyarakat. Melalui upaya pencegahan, dia optimis pergerakan virus corona mampu diputus. Sehingga, peran serta masyarakat dalam hal ini memang sangat dibutuhkan.

Sehingga, dalam kesempatan tersebut pihak puskesmas menerjunkan tim kesehatan yang bertugas di Puskesmas Kendalsari. Dalam kesempatan tersebut, tim kesehatan yanh ditugaskan adalah Nurul kholifah,SKM dan Helvi ,Amd.KL.

Perwakilan Warga RW.09 Kel. Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru, Heddy menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Malang dan Petugas Penyemprotan dari Banser Husada (BASDA) - Anshor Lowokwaru  bersama Lembaga Sebar Sedekah.

Karena dengan kompetensi yang dimiliki, kegiatan bisa dilaksanakan lancar dan tanpa halangan berarti. "Semoga kesehatan dan keamanan di lingkungan Warga RW.09 Kel. Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru bisa terwujud, ungkap," tambah warga lain, Sugiarto yang juga salah satu inisiator kegiatan tersebut.

Dukungan disinfektan melalui penyemprotan ini telah dilakukan oleh Banser Husada (BASDA) - Anshor Lowokwaru  bersama Lembaga Sebar Sedekah di sekitar Jl. MT Haryono Gang V dan akan dilanjutkan hari ini di warga RW.09 Kel. Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru serta kemudian di beberapa tempat yang telah diminta oleh masyarakat Kota Malang.

"Harapan kami dari Lembaga Sebar Sedekah  dan Banser Husada (BASDA) - Anshor Lowokwaru  dapat membantu masyarakat dengan maksimal dalam pencegahan dan memutus sebagian dari mata rantai penyebaran Virus COVID-19 ungkap," Yudi Achmad dari Lembaga Sebar Sedekah  dan Dian Syaikhu Asrori Ketua GP Ansor Lowokwaru.

<