Mobil yang diduga digunakan komplotan pencuri saat membawa kabur pikap hasil curian (Foto : Rengga Yudha Prawira for MalangTIMES)
Mobil yang diduga digunakan komplotan pencuri saat membawa kabur pikap hasil curian (Foto : Rengga Yudha Prawira for MalangTIMES)

Nahas dialami Rengga Yudha Prawira warga Desa Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Mobil pikap yang dia gunakan untuk berbisnis, hilang digondol maling.

Kepada media online ini, Rengga mengaku jika kendaraan miliknya dicuri pada awal pekan lalu. Tepatnya pada hari Senin (23/3/2020) dini hari. ”Kalau dari hasil rekaman CCTV (Closed Circuit Television), kejadiannya sekitar pukul 02.15 WIB. Saya menduga kalau pelakunya beraksi dengan membawa mobil pribadi, soalnya dari rekamannya mobil saya yang dibawa kabur selalu beriringan dengan mobil honda jazz,” kata Rengga.

Kronologinya, Sabtu (21/3/2020) sore, sekitar pukul 15.30 WIB mobil pikap milik korban digunakan untuk mengambil barang dagangan di wilayah Jember. Sepulang dari kulakan, mobil milik pria 31 tahun itu diparkirkan di depan rumahnya.

”Tiap hari kalau parkir selalu di depan rumah, memang tidak dimasukkan ke garasi. Sejak Sabtu sudah diparkir di situ, dua hari kemudian mobilnya hilang,” keluh Rengga, Rabu (25/3/2020).

Pagi hari setelah kejadian tersebut, ibu korban yang sedang membersihkan rumah mendapati kalau kendaraan milik putranya sudah tidak ada di tempat semula. Awalnya, korban sempat menduga jika mobil bernopol W-9528-NM miliknya sedang dipinjam. Maklum saja, selain digunakan untuk mengangkut barang kulakan, pikap warna hitam  tersebut juga sering disewakan.

Namun, dugaan itu seketika sirna saat beberapa tetangganya mengabarkan jika pikap milik korban ternyata dicuri. Hal itu dikuatkan dari hasil rekaman CCTV dan beberapa saksi mata yang ada di sekitar lokasi kejadian.

”Belakang rumah saya kan pasar, kata pedagang disana memang sering liat mobil jazz yang dikendarai komplotan pencuri itu. Sepertinya memang sudah digambar, buktinya setelah beraksi mobil jazz itu sudah tidak pernah berlalu-lalang di lingkungan kami,” ungkap Rengga.

Setelah memastikan kendaraannya hilang karena dicuri, kejadian inipun akhirnya dilaporkan ke pihak kepolisian. Di hadapan petugas Polsek Singosari, korban mengaku jika dari rekaman CCTV pikap miliknya dicuri dan dibawa kabur ke arah Kecamatan Jabung.

”Beberapa waktu belakangan ini di kampung saya memang sering terjadi pencurian, minggu lalu ada sepeda motor milik tetangga yang juga hilang karena dicuri,” sambung Rengga.

Terpisah, Kapolsek Singosari, AKP Farid Fatoni, mengaku masih mendalami keterangan beberapa saksi serta hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) guna memburu keberadaan pelakunya.

”Anggota masih melakukan penyelidikan agar segera terungkap, kabar selanjutnya menyusul,” tutup Kapolsek Singosari saat dikonfirmasi Rabu (25/3/2020).

<