SiPERFORMA (Sistem Pelaporan, Informasi, dan Realisasi Anggaran). (Foto: istimewa)
SiPERFORMA (Sistem Pelaporan, Informasi, dan Realisasi Anggaran). (Foto: istimewa)

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan 12 produk yang masuk dalam kategori inovasi pelayanan publik terbaik pada institusi naungannya. 

Dua program inovasi layanan publik Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) terpilih menjadi dua inovasi layanan publik terbaik di Kementerian Agama (Kemenag). Salah satunya adalah SiPERFORMA (Sistem Pelaporan, Informasi, dan Realisasi Anggaran).

Baca Juga : Solusi Pembelajaran PAI Daring, Ini Kiat dari PPPAI

SiPERFORMA merupakan aplikasi berbasis website untuk mempermudah pengelolaan anggaran yang dibangun oleh Unit Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD).

"Dengan situs tersebut, masing-masing bagian di kampus dapat melaksanakan perencanaan, realisasi, hingga evaluasi anggaran secara kolaboratif di jalur daring. Dengan begitu akan meminimalkan human error," papar Ketua PTIPD, Mukhlis Fuadi.

SiPERFORMA dapat memonitoring berapakah anggaran yang ingin dikeluarkan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim. Selain itu, SiPERFORMA digunakan untuk memonitoring dana anggaran yang telah dimiliki.

Fungsi dari SiPERFORMA sebenarnya hampir sama seperti pencatatan anggaran yang dicatat melalui Microsoft Excel, hanya saja apabila pencatatan melalui Microsoft Excel tidak mengurangi kemungkinan untuk kesalahan pada saat pemilihan tempat catat. 

Sebaliknya, pada web SiPERFORMA pencatatan dana anggaran akan lebih aman, karena memiliki sub-menu yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang ingin dicatat

Kelebihan utama SiPERFORMA ialah memiliki algoritma khusus yang dapat memproses ribuan baris data keuangan dengan cepat.

"Hal ini tidak dapat dilakukan oleh aplikasi Spreadsheet Excel yang selama ini digunakan oleh sebagian besar pengelola keuangan di lembaga pemerintahan," timpalnya.

Baca Juga : UIN Malang Siap Transformasi Menuju Smart Islamic Campus

Aplikasi ini juga menyajikan informasi personal para dosen dan karyawan. Seperti, informasi gaji, remunerasi, dan lainnya. Selain itu, SiPERFORMA juga memberi notifikasi update melalui aplikasi berbagi pesan Telegram ke akun masing-masing individu.

"Dengan begitu, segala pengelolaan keuangan bisa lebih mudah dan efektif," katanya.

Untuk kemudahan, PTIPD merancang agar SiPERFORMA dapat diakses melalui PC ataupun smartphone.

Wakil Rektor Bidang AUPK Dr Ilfi Nurdiana MSi mengapresiasi produk asli kampus yang mendapat sorotan tersebut. Ia pun menyatakan akan terus mendorong sivitas akademik UIN Malang agar terus berinovasi dan menguatkan layanan terutama yang berhubungan dengan masyarakat.