Humas Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya (Foto: Diskominfo Sumenep for JatimTimes)
Humas Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya (Foto: Diskominfo Sumenep for JatimTimes)

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur seakan masih belum dapat dihentikan. Pasalnya, hampir setiap hari ada penambahan kasus baru.

Dalam sehari, sebanyak 8 orang warga Sumenep kembali dinyatakan positif Covid-19. Secara kumulatif, total ada 152 kasus di Kota Keris ini per Rabu (15/7/2020) sore.

Baca Juga : 3 Sembuh, 13 Tambahan Kasus Baru Positif Covid-19 di Kota Malang

"Adanya tambahan kasus baru, baik dari warga, tenaga medis, maupun tenaga kesehatan. Maka, kita harus meyakini bahwa Covid-19 masih ada dan masih mungkin menulari kita," ujar Humas Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya, Kamis (16/7/2020).

Untuk itu, kata Ferdiansyah, komitmen dari semua warga dan seluruh elemen masyarakat harus dibangun untuk memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan, China itu.

Komitmen tersebut bisa diwujudkan, apabila masyarakat di kabupaten ujung timur Pulau Madura tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Ayo tetap jaga jarak, pakai masker dengan benar, rajin cuci tangan, hindari kerumunan dan tetap tinggal di rumah serta disiplin menerapkan pola hidup sehat dan bersih," tegasnya.

Baca Juga : Sama Terserang Covid-19, Pemprov dan Pemkot Beda Protokol Makamkan Pejabatnya

Di samping mengalami penambahan, warga yang dinyatakan sembuh juga meningkat. Hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 53 orang. Sementara pasien yang masih harus dirawat intensif ada 95 orang, dan 4 lainnya dinyatakan meninggal dunia.