Tim Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep saat Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban (Foto: Syaiful Ramadhani/Sumenep Jatim Time)
Tim Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep saat Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban (Foto: Syaiful Ramadhani/Sumenep Jatim Time)

Guna memastikan kesehatan hewan ternak seperti kambing dan sapi, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep, Madura, Jawa Timur intens melakukan pemeriksaan.

Sekretaris DKPP Sumenep, Khaeru Ahmadi mengatakan, jika instansinya telah menyiapkan petugas khusus yang rutin keliling ke pemilik ternak maupun ke tempat penampungan ternak yang ada di Sumenep. Tujuannya untuk memastikan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha.

Baca Juga : Soroti PIP dan Insfrastruktur Sekolah, PMII Demo Dinas Pendidikan Bangkalan

"Alhamdulilah selama pemeriksaan tidak ditemukan hewan ternak yang sakit atau menghawatirkan dalam pelaksanaan Iduladha nanti," ungkap dia, saat dikonfirmasi media, Selasa (28/7/2020).

Dia menambahkan, dalam melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut, instansinya mempunyai 32 petugas paramedik peternakan yang mumpuni dan terlatih dan bersertifikat sesuai kompetensinya.

"Petugas itu kita siapkan untuk membantu paramedik veteriner atau dokter hewan dalam kegiatannya di lapangan. Mereka juga tersebar di wilayah daratan maupun di beberapa kepulauan," imbuhnya.

Dia juga menyampaikan, bagi petugas paramedik untuk selalu berkoordinasi dan melaporkan kepada pihak DKPP, jika sewaktu-waktu ada kejadian di masing-masing wilayah tempat mereka bertugas.

"Dan alhamdulillah dalam tugasnya ini, petugas di lapangan sampai saat ini tidak ada laporan ditemukan penyakit yang serius pada hewan ternak," jelasnya.

Baca Juga : KPK Lakukan Pemeriksaan di Jember, Tidak Banyak Pejabat yang Tahu

Khaeru mengimbau, bagi pedagang untuk menjaga kesehatan hewan ternak. Biasanya para pedagang akan melakukan cara tidak baik agar hewan ternaknya kelihatan bagus saat hendak dijual.

"Namun, alhmadulillah sejauh ini setelah dilakukan pemantauan maupun pemeriksaan belum ditemukan hewan ternak yang mencurigakan, artinya kondisinya baik dan sehat," tukasnya.