Kadisparbudpora Sumenep, Bambang Irianto (Foto: Syaiful Ramadhani/ JatimTIMES)
Kadisparbudpora Sumenep, Bambang Irianto (Foto: Syaiful Ramadhani/ JatimTIMES)

Tiga destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diajukan untuk dibuka kembali. Saat ini pembukaan hanya tinggal menunggu persetujuan bupati setempat.

Yang diajukan untuk dibuka yaitu Pantai Lombang yang berlokasi di Kecamatan Batang-batang, Pantai Slopeng di Kecamatan Dasuk dan Museum Keraton Sumenep di Jl. dr. Soetomo, Kecamatan Kota.

Baca Juga : Berhias Anggrek Danau Linggo Rekisi Pronojiwo, Jadi Spot Foto Menarik

"Sudah kita ajukan izin pembukaan kembali, dan saya tidak bisa memastikan kapan bisa dibuka kembali," kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Bambang Irianto, Selasa (4/8/2020).

Saat ini, kata Bambang, pengajuan izin pembukaan sudah diajukan kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 yaitu Bupati Sumenep A. Busyro Karim. Sehingga, untuk pembukaan menunggu persetujuan bupati.

"Masih dalam proses, dan proses pengajuan izin itu sudah masuk sekitar seminggu lalu. Saat ini kita hanya menunggu informasi lebih lanjut," jelas mantan Kadisdik Sumenep itu.

Namun demikian sebelum dibuka kembali, ia menyarankan semua pengelola wisata yang ada di Kota Keris untuk menyiapkan kebutuhan dan penunjang protokol kesehatan di lokasi wisata, seperti tempat cuci tangan dengan air mengalir, dan alat pengukur suhu tubuh sebelum memasuki tempat wisata.

"Semua destinasi wisata sudah kita surati untuk protokol kesehatan menjadi pedoman agar bisa dibuka kembali, karena kita harus hati-hati sebab kondisi saat ini masih pandemi covid-19. Intinya persoalan ini nunggu kebijakan lebih lanjut lah," imbuhnya.

Baca Juga : Kambilan Parakan, Wisata Foto Instagramable Lagi Viral di Blitar

Selama memenuhi syarat penerapan protokol kesehatan, destinasi wisata juga diperbolehkan untuk dikunjungi oleh para pelancong, baik wisatawan lokal, wisatawan mancanegara maupun domestik.

"Pengunjung wajib mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak dan menggunakan masker atau face shield serta membawa hand sanitizer," tutupnya.