Warga berkerumun melihat mayat laki-laki yang ditemukan meninggal dunia di sawah. (Foto: Humas Polres Sumenep for JatimTIMES)
Warga berkerumun melihat mayat laki-laki yang ditemukan meninggal dunia di sawah. (Foto: Humas Polres Sumenep for JatimTIMES)

Warga Desa Banuaju Barat, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, digegerkan dengan penemuan mayat di tengah sawah, Senin 10 Agustus 2020 sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Mayat berjenis kelamin laki-laki itu diketahui bernama Sutomo (48) yang tak lain merupakan warga setempat. Saat ditemukan pertama oleh warga, mayat korban dalam kondisi tengkurap.

Baca Juga : Telusuri Dugaan Korban Membusuk di Kebun Tebu, Polisi Amankan Bongkahan Beton Cor

"Mayat tersebut pertama kali ditemukan warga yang hendak mencari rumput untuk pakan ternak," ungkap Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti dalam pesan rilisnya, Selasa 11 Agustus 2020.

Widiarti menjabarkan, kronologi kejadian berawal padaMinggu 9 Agustus 2020 sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu (korban) sendirian mengendarai sepeda motor Honda Revo miliknya dalam perjalanan pulang dari rumah orang tuanya di Dusun Jandir, Desa Batang-Batang Laok, Kecamatan Batang-Natang.

"Korban mau pulang ke rumah istrinya di Dusun Jurangara Laok, Desa Banuaju Barat, Kecamatan Batang-Batang. Namun korban tak kunjung sampai kerumahnya," terang Widi, panggilan Widiarti.

Hingga Senin 10 Agustus 2020 sekitar pukul 15.35 WIB, istri korban mendengar kabar dari masyarakat soal ditemukan ada orang meninggal dunia. "Saat dilakukan pengecekan, ternyata benar yang meninggal dunia tersebut adalah suaminya," imbuhnya.

Dari pengakuan istri korban, sebelum ditemukan meninggal dunia,  kondisi badan Sutomo tidak sehat serta dalam penyembuhan penyakit stroke. "Pada Rabu  05 Agustus 2020, korban sempat diantar istrinya berobat ke RSUD Sumenep untuk berobat saraf pada tangan kanan. Semasa hidup, korban juga diketahui punya riwayat sakit jantung," beber Widi.

Saat ditemukan, kondisi mayat Sutomo mengalami luka lecet pada wajah, leher,  lengan kanan dan kiri, kaki kanan dan kiri. Dari mulut dan hidung, keluar darah.

Baca Juga : Ditemukan Mayat Tanpa Identitas Diakses Suramadu, Begini Ciri-cirinya

Atas peristiwa itu, polisi berhasil mengamankan sebuah songkok warna hitam, sebuah baju bercorak liris warna abu-abu kombinasi cokelat, selembar sarung bercorak liris kombinasi warna cokelat, hijau muda, abu-abu, sepasang sandal jepit warna abu-abu kombinasi merah muda, satu unit HP Samsung, dan satu unit sepeda motor merek Honda Revo warna merah dengan nopol : M 2918 WG.

"Petugas telah melakukan olah TKP, dan saat ini kami menunggu hasil autopsi. Sehingga nanti bisa diketahui motif apa yang menyebabkan korban meninggal dunia," pungkasnya.