Polres Sumenep, KPU, forkopimda, dan ketua parpol saat deklarasi damai. (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)
Polres Sumenep, KPU, forkopimda, dan ketua parpol saat deklarasi damai. (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)

Polres bersama KPU dan Forkopimda Sumenep menggelar deklarasi damai dalam rangka mewujudkan pemilihan kepala daerah (pilkada) Sumenep 2020. Deklarasi  bertempat di Lapangan Sanika Satyawada mapolres setempat, Rabu 12 Agustus 2020.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 16 partai politik (parpol). Tujuannya  bersinergi menyukseskan jalannya pemilihan bupati dan wakil bupati Sumenep 2020 secara aman, damai dan sejuk.

Baca Juga : Koalisi 10 Parpol Usung Pasangan OK, Target Raup 80 Persen Suara di Ngawi

"Kami undang seluruh ketua parpol yang ada di Kabupaten Sumenep untuk membuat komitmen bersama dalam rangka menyukseskan pilkada 2020," kata Kapolres Sumenep AKBP Darman saat ditemui usai upacara deklarasi damai.

Sementara, untuk peningkatan keamanan di wilayah kepulauan, Darman mengaku sudah melakukan koordinasi dengan kapolda Jawa Timur. Itu karena  beberapa kepulauan di Sumenep harus  dijangkau melalui medan yang lumayan ekstrem.

"Untuk menjangkau di kepulauan, maka kami akan siagakan satu unit helikopter dan sebuah kapal. Dan itu nanti akan didatangkan dari mabes. Kemarin sudah ada respons dari kapolda," ucapnya.

Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan bahwa Forkopimda Sumenep akan mendukung penuh kinerja TNI/Polri dalam menciptakan suasana pilkada aman, damai dan sejuk.

Baca Juga : Sempat Digoyang Korupsi Banpol, Asmungi Melenggang Pimpin Partai Golkar Tulungagung

"Artinya, pihak keamanan sudah berpengalaman lah dalam menghadapi pilkada di Sumenep. Jadi, apa yang harus dilakukan, diamankan, dan apa yang harus ditindak dan sebagainya tersebut sudah menjadi kebiasaan teman-teman," ujar Fauzi.