Kapolres Sumenep AKBP Darman saat memberikan sanksi push up pada anggota yang tidak memakai masker di Mapolres setempat (Ist/JatimTIMES)
Kapolres Sumenep AKBP Darman saat memberikan sanksi push up pada anggota yang tidak memakai masker di Mapolres setempat (Ist/JatimTIMES)

Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan kerja kepolisian. Anggota yang kedapatan tidak memakai masker dikenakan sanksi langsung di tempat.

"Per hari ini kita lakukan pendisiplinan terhadap anggota. Anggota harus disiplin memakai masker, jadi kita mengawali agar menjadi contoh bagi masyarakat," kata Kapolres Sumenep AKBP Darman, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga : Hendak Mandi, Remaja 17 Tahun di Jatiroto Tenggelam di Sungai Bondoyudo

Dia mengatakan, dari razia ataupun inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan hari ini memang mendapatkan beberapa anggota yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Namun secara keseluruhan anggotanya telah disiplin menerapkan protokol kesehatan. Umumnya mereka yang melanggar itu tidak menggunakan masker.

"Ada beberapa yang ditemukan tidak memakai masker, langsung kita sanksi push up, bila nanti ditemukan lagi maka akan disuruh bersihin lapangan," tegas Darman.

Anggota yang kedapatan tidak pakai masker, sambung Darman, rata-rata pada saat jam istirahat kerja. Seperti keluar untuk merokok atau sedang menghabiskan waktu santai diluar ruangan.

Baca Juga : Ada Patroli Masker, Kain Lap dan Kerudung pun Jadi Alternatif untuk Hindari Razia

"Mungkin lupa iya, padahal kan itu tidak boleh, artinya harus tetap memakai masker, kecuali pada saat sedang makan. Semoga dengan adanya razia kedisiplinan di internal ini juga bisa menular kepada masyarakat," harapnya.