Denny Siregar (Foto:  CNN Indonesia)
Denny Siregar (Foto: CNN Indonesia)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana untuk memasang masker di patung Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Rencana tersebut lantas dibenarkan oleh Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan.  

"Rencananya begitu," ujarnya.  

Baca Juga : Tak Pakai Masker, Ini Hukuman Polres Batu kepada Pengendara

 

Namun saat ditanya alasan mengapa Anies memasang masker di patung Jenderal Sudirman, Satriadi mengaku tidak tahu.  

"Belum tahu, kami hanya membantu memasang," cetusnya.  

Satriadi lantas mengatakan jika pemasangan masker ini masih tentatif. Rencananya pemasangan masker tersebut akan dilakukan pada Rabu (19/8/2020) kemarin.  

Namun ternyata rencana itu batal. Kabiro Kepala Daerah DKI Jakarta Muhammad Mawardi pun memberikan penjelasan terkait batalnya pemasangan masker di patung Jenderal Sudirman itu.  

Mawardi menegaskan jika tidak ada pemasangan masker di patung Pahlawan Indonesia pada Rabu kemarin. Kendati demikian, Mawardi enggan menjelaskan alasan detail pembatalan tersebut.  

"Tak ada pemasangan di patung Jenderal Sudirman," tegasnya.

Perlu diketahui, Anies memiliki alasan tersendiri terkait rencananya itu. Pemasangan itu dipandang sebagai bentuk sosialisasi kepada pengendara yang melintas di ruas Jalan Jenderal Sudirman agar senantiasa menggunakan masker demi memutus rantai penularan Covid-19.  

Sayangnya rencana Anies itu lagi-lagi mendapat kritikan dari beberapa pihak, termasuk warganet. Seperti Ketua Komisi A DPRD DKI jakarta, Mujiyono.  

Mujiyono mengatakan dibanding memasang masker di patung pahlawan, Anies sebaiknya membentuk relawan mandiri bersama seluruh komponen di Ibu Kota.  

"Pak Anies bisa melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik ASN, tokoh masyarakat, agama, ormas dan seterusnya," paparnya.  

Tanggapan lain disampaikan oleh  Denny Siregar melalui akun Twitternya.

Melalui akun Twitternya @Dennysiregar7, Rabu (20/8/2020) Denny justru menyindir Anies.  

"Pak @aniesbaswedan itu patung Pancoran gak sekalian dikasih APD? Kasian, entar kena Corona.." cuit Denny. '

 

 

Baca Juga : Razia Masker di Markas , 3 KTA Anggota Polresta Malang Disita lalu Disuruh Push Up

 

Walhasil cuitan Denny itu langsung saja direspons oleh warganet. Berbagai pendapat mereka sampaikan di kolom komentar cuitan Denny.  

Mereka menilai jika program yang digagas oleh Anies merupakan hal yang nyeleneh. Mereka turut mempertanyakan apakah patung-patung lainnya tidak diberlakukan rencana serupa.

@Muarifin85 : "saya perhatikan gabener ini koq programnya byk yg nyleneh dah gk mengne rakyat ya???

bodoh banget jadi pemimpin!"

@triajaaa : "Patung diksh masker, org kumpul2 deklarasi tukeran mic didiemin.."

@alextham878 : "Jgn lupa juga Patung Selamat Datang,Patung Pemuda Membangun, Patung Arjuna Wijaya,Patung Diponegoro & Patung Pembebasan Irian Barat, kalau patung lain gk di pakai masker juga  nanti mereka protes bilang pak  

@aniesbaswedan

pilih kasih. serius ini !!"

@Nurnani10228092 : "Patung bundaran HI itu gak physical distancing hrsnya jaga jarak 2mtr ahaaay."