Uang Rp 75 ribu. (Foto:  Terbaiknews.net)
Uang Rp 75 ribu. (Foto: Terbaiknews.net)

Munculnya uang pecahan Rp 75 ribu belakangan ini kembali menjadi sorotan. Pasalnya, uang yang diterbitkan untuk memperingati HUT Ke-75 Republik Indonesia itu ternyata bisa bernyanyi hingga menjadi viral di media sosial Twitter.  

Hal tersebut salah satunya dinyatakan oleh pemilik akun @alvinna23.  "Di WAG (WhatsApp Group) lagi heboh uang Rp75 ribu baru bisa nyanyi Indonesia Raya. Biasa, emak-emak. Belum tahu saja kalau uang Rp 1.000 lama juga bisa nyanyi. Tapi lagunya Gugur Bunga," katanya.  

Baca Juga : Rangkul Netflix, Warganet Bandingkan Kemdikbud dengan Kemenkominfo

 

Lalu, akun @kangdede78 menyatakan terdapat aplikasi augmented reality (AR) yang bisa membuat uang Rp 75 ribu bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya.  "Ada aplikasinya agar uang pecahan Rp75 ribu melantunkan lagu Indonesia Raya, yaitu dengan menggunakan aplikasi digital bernama lvive," tulisnya.

Aplikasi itu lantas dicoba oleh pengguna Twitter @ritafauzh.  "Keren nih uang 75 ribu nya bisa nyanyi," ujarnya.  

 

 

Terkait hal ini, Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko memberikan tanggapan.  Onny mengungkapkan pihaknya tidak membuat konten AR pada uang Rp 75 ribu maupun uang rupiah lainnya.  

"Teknologi AR dapat menggunakan objek apa pun. Gambar uang atau gambar apa pun menjadi semacam coding untuk mengaktivasi video, text, atau audio yang sudah dipasang dalam aplikasi yang dibuat pengembang," ungkap Onny.  

Baca Juga : Polisi Berpotensi Hentikan Kasus Dugaan Penipuan Anggota Dewan, Ini Penyebabnya

 

Lebih lanjut, Onny mengatakan BI akan mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan AR di uang Rp 75 ribu.  Ia lantas mengingatkan agar masyarakat lebih hati-hati dalam memperlakukan uang.