Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Rakyat Merdeka)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Rakyat Merdeka)

Musim hujan diprediksi akan datang pada November.   Datangnya musim hijan ini biasanya membuat beberapa wilayah mengalami banjir. Salah satunya DKI Jakarta.  

Untuk persiapan menghadapi musim hujan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memiliki siasat.  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut  pihaknya telah menyiapkan tiga kunci untuk menanggulangi banjir di ibu kota.  

Baca Juga : Lantik Pjs Wali Kota Blitar, Ini Pesan Gubernur Khofifah

"Siaga, tanggap, dan ketiga galang. Saat banjir, harus menggalang seluruh kekuatan," ujar Anies saat apel dalam kesiapan tanggap banjir di Polda Metro Jaya, Rabu (30/9/2020). 

Dengan itu, Anies berharap agar seluruh komponen pemerintahan Jakarta bisa memberi respons cepat. Di sisi lain, Anies juga membeberkan kondisi geografis DKI yang berpotensi banjir.   Menurut dia, Jakarta berada di dataran rendah dan dilewati 13 aliran sungai.  

Ada juga tiga sumber air yang muncul saat musim hujan. Yakni air hujan kiriman dari Bogor, Jawa Barat, dan permukaan air laut yang tinggi.  

Anies pun mengatakan semua akan bekerja sama untuk mengantisipasi segala kemungkinan di musim hujan ini.  Lebih lanjut, ia berharap agar bencana nanti bisa diatasi dengan baik. "Mudah-mudahan kita terus diberi kemudahan untuk bisa mengendalikan semua ini," cetusnya.