Foto bersama usai kegiatan penyerahan SK Plt dan Ta'aruf DPC PPP Sumenep dari DPW PPP Jatim. (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)
Foto bersama usai kegiatan penyerahan SK Plt dan Ta'aruf DPC PPP Sumenep dari DPW PPP Jatim. (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)

Menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati Sumenep 2020, Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Sumenep secara mengejutkan melakukan pergantian kepemimpinan.

Jabatan ketua yang semula dipegang oleh KH. Salahuddin A. Warits (Ra Mamak) digantikan oleh Khairul Fattah.

Baca Juga : Pilbup Sumenep Perebutkan 822.320 Suara, Pemilih Pemula 3,8 Persen

 

Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jawa Timur Nomor 26-A/SK/DPW/C/X/2020 tertanggal 12 Oktober 2020, tentang pengangkatan jabatan pelaksana tugas DPC PPP Sumenep masa bakti 2016-2021.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPC PPP Sumenep Khairul Fattah, menyampaikan, pergantian pimpinan DPC PPP Sumenep sebagai ijtihad politik dalam memenangkan pasangan Fattah Jasin - KH. Ali Fikri.

"Reorganisasi ini dilakukan DPP PPP Pusat dan DPW Jatim sebagai upaya dan keinginan kita untuk memenangkan pasangan calon Fattah Jasin - KH. Ali Fikri pada Pilkada tahun ini," katanya saat ditemui media usai kegiatan penyerahan SK Plt dan Ta'aruf DPC PPP Sumenep dari DPW PPP Jatim.

Pergantian kepemimpinan ini, kata dia, telah lama dilakukan oleh DPP dan DPW, serta turun secara diam-diam. Kemudian setelah itu memutuskan menurunkan SK Plt.

"Dari ini, sangat diharapkan kita bisa memenangkan Fattah Jasin - KH. Ali Fikri pada Pilkada nanti. Jadi hanya ini harapan dari DPP PPP dan DPW PPP Jatim, sehingga muncullah SK Plt," ujarnya.

Ketika ditanyakan apakah pergantian kepemimpinan tersebut mempengaruhi konsolidasi menjelang Pilkada Sumenep, Khairul mengatakan, hal itu tidak berpengaruh.

Baca Juga : Anggia Ermarini Turun Gunung, Konsolidasi Fatayat Menangkan Henry-Yasin

 

Menurutnya, DPC PPP Sumenep tetap solid bersama koalisi. Mengingat, PPP merupakan pengusung KH. Ali Fikri sebagai calon wakil bupati (Cawabup) mendampingi Fattah Jasin.

"Untuk pemenangan, kami langsung start dan konsolidasi langsung dengan PAC kemudian dengan ranting bersama dengan pasangan calon," urainya.

Di Pilkada yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang, nomor urut 2 pasangan Fattah Jasin - KH. Ali Fikri (Gus Acing - Mas Kiai) diusung sebanyak lima partai politik. Yakni, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, dan Partai Nasdem.