Cabup Sumenep nomor urut 01, Achmad Fauzi sewaktu sowan ke KH. A. Nawawi Abdul Jalil di Ponpes Sidogiri, Pasuruan (Foto: Ist/Jatim TIMES)
Cabup Sumenep nomor urut 01, Achmad Fauzi sewaktu sowan ke KH. A. Nawawi Abdul Jalil di Ponpes Sidogiri, Pasuruan (Foto: Ist/Jatim TIMES)

Pengasuh pondok pesantren Sidogiri Pasuruan, KH. A. Nawawi Abdul Jalil memberi dawuh khusus untuk warga Sumenep dan alumni Sidogiri. Kiai Nawawi memberi wejangan untuk memenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi - Hj. Dewi Khalifah (Fauzi-Nyai Eva).

Dawuh tersebut pun disampaikan dalam surat pernyataan yang ditulis dan ditandatangani langsung oleh Kiai Nawawi. Dalam suratnya Kiai Nawawi meminta para alumni yang ada di Sumenep untuk memenangkan dan mendukung Fauzi-Nyai Eva. "Saya H. Nawawi Abd Jalil pondok pesantren Sidogiri Pasuruan, mengajak seluruh warga Kabupaten Sumenep khususnya alumni pondok pesantren Sidogiri dan simpatisan untuk mendukung dan memenangkan pasangan calon Bupati Sumenep Achmad Fauzi-Hj. Dewi Khalifah, untuk kemaslahatan warga Kabupaten Sumenep," tulis surat tersebut.

Baca Juga : Faktor Ekonomi Penyebab Kematian Ibu Anak, Paslon LaDub Siapkan Program Bersalin Gratis

Rupanya, dukungan dari Kiai sepuh tersebut diketahui saat calon Bupati Sumenep nomor urut 01, Achmad Fauzi bersilaturahmi ke pondok pesantren Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, pada Jumat (13/11/2020) lalu.

Fauzi yang pada saat itu didampingi Kiai Syauqi Ishom tiba di pondok pesantren Sidogiri sebelum salat Jumat, sekitar pukul 11.00 WIB.

Usai salat Jumat, Fauzi langsung menuju ke kediaman pengasuh pesantren, KH. A. Nawawi Abdul Jalil. Selain Kiai Nawawi, Fauzi beserta rombongan disambut hangat para kiai lain dari keluarga besar pesantren Sidogiri. "Saya ke Sidogiri dalam rangka silaturahmi, mohon doanya para kiai-kiai sepuh. Karena saya dikawal komunitas ulama, pesantren, dan komunitas santri di Sumenep, maka saya wajib pamit dan meminta nasihat kepada para kiai sepuh. Terutama Kiai Nawawi," ucap Achmad Fauzi, Selasa (17/11/2020).

Pada saat berada di kediaman Kiai Nawawi, Fauzi dikalungi serban milik almarhum Syaikhona KH Syamsul Arifin (Aba KH As’ad). Terlihat beberapa kali Fauzi juga menciumi serban ulama terkemuka di Nusantara tersebut.

Tak hanya serban, pada kesempatan langka itu, Fauzi juga dapat ‘ijazah’ doa dan air dari Kiai Nawawi dan kiai-kiai lain. Kemudian, sebelum pulang, Fauzi juga nyekar ke asta keluarga besar Ponpes Sidogiri.

Baca Juga : Cabup Lathifah Shohib Diterpa Kampanye Hitam Sentimen Perempuan

Fauzi mengaku sangat bahagia atas sambutan hangat pengasuh dan keluarga besar Ponpes Sidogiri. Bahkan Kiai Nawawi memberikan kesempatan untuk mencium hingga mengalungi serban milik almarhum Syaikhona KH Syamsul Arifin. "Alhamdulillah, beliau memberikan doa restu dan dukungan," terang Fauzi dengan rasa haru.

Di samping itu, Fauzi memastikan, nasihat para ulama sangat dibutuhkan untuk Sumenep ke depan. "Bagi kami, ulama itu penerang umat, nasihatnya sangat dibutuhkan untuk Sumenep ke depan," timpal Fauzi.