Ilustrasi
Ilustrasi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terus melakukan upaya agar masyarakat senantiasa membiasakan serta memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di era new normal dalam setiap aktivitasnya.

Prokes Covid-19 yang perlu diperhatikan adalah 3M, yakni menjaga jarak atau menghindari kerumunan, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. 

Baca Juga : Optimalkan Medsos untuk Publikasi dan Informasi, Puskesmas Pandanwangi Masuk Nominasi KIP

Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona melalui droplet penderita.

“Hal ini sebagai upaya melindungi diri kita dan orang di sekitar kita agar jauh dari segala macam virus termasuk Covid-19,"kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Pamekasan dr. Nanang Suyanto, Sabtu (28/11/2020).

Karena menurutnya, perkembangan kasus baru di daerahnya masih mengalami kenaikan. Bahkan, dalam sehari pernah ada 12 kasus positif Covid-19.

“Total kasus positif Covid-19 di Pamekasan hingga 26 November 2020 kemaren sudah sebanyak 408 orang. Hal ini menunjukkan bahwa penularan covid-19 masih ada,” tambahnya.

Sehingga pihaknya berharap, agar masyarakat dapat menghindari kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa banyak untuk menghindari klaster baru Covid-19.

Baca Juga : Darurat Covid-19, Semua Desa di Kedungwaru Perketat Prokes, 2 RW di Rejoagung PSBB

"Seperti hal pasar, dan tempat-tempat yang rawan terjadinya kerumunan itu kita perlu ekstra hati-hati dan patuh prokes sesuai anjuran pemerintah agar masyarakat terhindar dari penularan Covid-19," tutupnya.