Agama-Agama Baru di Dunia: Ada yang Terinspirasi Alien, Film, IT, dan Novel | Sumenep TIMES

Agama-Agama Baru di Dunia: Ada yang Terinspirasi Alien, Film, IT, dan Novel

Jan 04, 2021 13:54
Ilustrasi (Foto:  BBC.com)
Ilustrasi (Foto: BBC.com)

Saat ini ada sekitar 4.200 agama yang berkembang di seluruh dunia. Jika diamati lebih mendalam, hampir semua agama yang ada di dunia mempunyai simbol dan sejarah masing-masing sebagai sarana untuk menjelaskan arti hidup atau asal mula kehidupan alam semesta.

Sedangkan agama adalah kumpulan kepercayaan, sistem kultur dan pandangan hidup terorganisir yang menghubungkan kemanusiaan dengan tatanan keberadaan kehidupan. Meskipun mempunyai kepercayaan yang berlainan, hampir semua agama yang ada mengajarkan kebaikan.

Baca Juga : Kisah Bangsawan yang Mencuri, Mencoba Menawar Hukuman Islam

Diketahui, di Indonesia sendiri terdapat enam agama yang diakui dan dilindungi. Yakni, Islam, Katholik, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu.  

Namun, apa jadinya jika manusia dengan segala kreatifitas dan kepintarannya sampai bisa membentuk agama baru? Bahkan ajaran agama tersebut bisa dibilang aneh karena di luar nalar manusia.  

Melansir melalui channel YouTube Islam Populer, berikut 10 agama baru paling aneh di dunia:

1. Raellsme

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Raellsme
Foto: YouTube Islam Populer

Pernyataan tak masuk akal diungkapkan oleh mantan pembalap Formula One, Claude Vorilhon. Ia mengaku jika dirinya pernah diculik oleh alien. Dalam penculikan itu, ia diberi tahu bagaimana asal-usul manusia. 

Agama ini juga dikenal dengan sebutan gerakan Raelian. Raelisme merupakan sebuah agama UFO yang ditemukan pada tahun 1974. Saat ini agama tersebut disebut juga dengan istilah rael. Inti dari agama ini adalah kepercayaan akan adanya  ilmuwan dari planet lain yang datang ke bumi dan menciptakan segala bentuk kehidupan, termasuk manusia, ribuan tahun yang lalu.

Claude Vorilhon pun merasa terhormat karena ia bisa bertemu dengan tokoh-tokoh keagamaan, seperti Yesus, Konfusius, Budha, dan Joseph Smith. Bahkan, ia mengkalim jika alien akan datang ke Yerusalem pada tahun 2025.

2. Nuwaubianiesme

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Nuwaubianisme
Foto: YouTube Islam Populer

Menurut keterangan ahli cendikiawan, pengikut agama Nuwaubinisme (Nuwaubian Nation of Moors) ini dulunya adalah komunitas orang kulit hitam muslim yang tinggal di seputar daerah metropolitan New York.

Akhirnya, mereka mendirikan sebuah markas di Putnam County, Georgia pada 1993 silam (kini sudah ditinggalkan). Menurut mitos dalam ajaran agama sesat Nuwaubianisme ini, orang kulit putih ditakdirkan untuk memperbudak orang kulit hitam, namun takdir ini akhirnya meleset.

Mereka juga percaya wanita lebih dahulu ada beberapa generasi sebelum pria diciptakan lewat rekayasa cinta genetik.

3. Pana Wave

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Pana Wave
Foto: YouTube Islam Populer

Panawave, ajaran ini adalah gerakan yang didirikan oleh sekelompok orang cerdas yang kurang piknik. Kaum ini mempercayai gelombang elektromagnetik adalah penyebab dari segala bencana yang ada di muka Bumi.

Mereka menyalahkan gelombang elektromagnetik sebagai biang keladi atas semua kekacauan lingkungan dan perubahan iklim yang terjadi.  

4. Agama Alam Semesta

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Agama Alam Semesta
Foto: YouTube Islam Populer

Layaknya Raelisme, agama aneh terbaru ini juga terinspirasi oleh kehadiran alien. Kelompok ajaran yang bermarkas di Republik Ceko ini mendasarkan kepercayaannya pada makhluk luar angkasa, yang katanya terus berkomunikasi dengan pendiri mereka, Ivo Benda, sejak tahun 1997 silam.

Menurut Ivo Benda, alien memiliki awak kapal yang sewaktu-waktu dapat mengorbit Bumi. Awak kapal ini dipimpin oleh makhluk bernama Ashtar yang mengawasi umat manusia di Bumi, dan siap mengangkut mereka yang hidupnya baik dan memiliki sifat setia ke dimensi lain.

Kalau ada yang bermimpi untuk bertamasya ke luar angkasa, mungkin agama baru ini bisa menjadi salah satu solusi murah untuk mewujudkan impian tersebut. Nama agama aneh ini adalah Universe People dikenal juga dengan nama The Cosmic People of Light Powers.

5. Rastafarianisme

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Rastafarianisme
Foto: YouTube Islam Populer

Agama baru paling aneh dan nyata di dunia adalah Rastafarianisme. Meskipun ajaran agama ini sudah lama dikenal sejak tahun 1930. Rastafarianisme dikenal juga sebagai Gerakan Rastafari yang tumbuh di Jamaika.

Meyakini bahwa mantan Kaisar Ethiopia, Haile Selassie I adalah Raja diatas Raja, Tuan segala Tuan, Singa Penakluk dari suku Yehuda dalam artian sesungguhnya Tuhan yang berkuasa di Dunia.

Banyak faktor penyebab yang membuat ajaran Rastafari ini timbul dan semakin bertumbuh subur umat pengikutnya, diantaranya akibat salah menafsirkan Nubuat dalam Alkitab, dan penyangkalan rasialis orang kulit hitam yang menentang perbudakan dari orang-orang berkulit putih.

Sehingga mereka berharap melalui ajaran ini, semua aspirasi dan politik kulit hitam dapat diwujudkan oleh Pemimpin mereka. Namun sayangnya, gerakan Rastafari ini pun ditentang keras oleh Kaum Rasta sendiri karena dianggap sudah melecehkan kaum mereka.

6. Jediism

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Jediism
Foto: YouTube Islam Populer

Tidak dapat dipungkiri, fanatisme penggemar sekuel film Star Wars memang jauh lebih dalam ketimbang serial lainnya, sampai-sampai dikultuskan layaknya agama.

Bagi kamu yang pernah menonton atau mungkin sudah menjadi penggemar fanatik film ini, maka sudah hafal dengan konsep Light Side vs Dark Side, dan kekuatan ‘Force’ yang menyatukan seluruh alam semesta.

Konsep agama unik ini sedikit mirip dengan konsep kebaikan yang diajarkan dalam agama- agama mainstream sehingga membuat beberapa penggemar memilih mengikuti ajaran Jedi (Light Side) dalam kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga : Terkait Keberadaan Alien, Begini Penjelasan Dalam Al-Qur'an

Meski tidak memiliki organisasi pusat, namun gerakan ini punya sebuah ‘rumah suci’ bernama ‘Temple of the Jedi Order’ yang berbasis di Texas. Kuil ini mengeluarkan sebuah kode voucher berperilaku bagi para pengikut Jediisme yang disebut ’16 Ajaran Jedi’.

Ajaran ini mencampuradukkan nilai-nilai kemanusian dalam film Star Wars dengan ajaran agama yang berkembang di Asia Timur seperti Ajaran Buddha dan Tao.

7. Ilmu Kebahagiaan

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Ilmu Kebahagian
Foto: YouTube Islam Populer

Pengusaha asal Jepang, Ryuho Okawa mendirikan sebuah agama baru setelah berhenti dari karir bidang keuangannya di Kota New York. Dengan misi membawa kebahagiaan dan perdamaian ke seluruh dunia, ia mengklaim ikut berpartisipasi menyukseskan misi ini dengan cara menyalurkan energi dan ajaran yang dibawa oleh tokoh-tokoh dan nabi-nabi dari beberapa agama.

Menurut penuturan Ryuho Okawa, Malaikat Jibril/Gabriel akan datang ke Bumi di masa depan, dan akan mendarat tepat di Kota Bangkok. Jika sang malaikat pemberi pesan memang benar-benar akan datang ke sana, maka pemerintah Thailand pastinya akan kewalahan mengatur banyaknya turis yang ingin jumpa fans sambil berselfie ria dengan sang malaikat. Pengikut agama baru buatan Ryuho ini sangat luar biasa banyaknya.

8. Agama Googlism

Ngakk Masuk Akal, Inilah 10 Agama Baru Yang Paling Aneh Di Dunia! Googlism
Foto: YouTube Islam Populer

Di dunia yang sangat besar ini memang menyimpan sesuatu yang unik dan aneh terlebih lagi saat membicarakan tentang hal-hal yang tidak terpikirkan oleh siapapun. Dan parahnya, hal tidak wajar tersebut menyangkut dengan sebuah agama dan keyakinan manusia. 

Berbicara mengenai agama, apakah kalian tahu ada sekelompok orang yang menganggap Google adalah Tuhan?

Saat ini ada sebuah situs yang dikhususkan untuk penyembah google. Mereka percaya bahwa search engine google adalah Tuhan. Dan anda mau tau nama agama mereka? Mereka menamakan diri mereka Googlism.

Dan di dalam situs tersebut berisi bukti-bukti bahwa yang mereka kemukakan bahwa Google layak dijadikan Tuhan.  

Ada juga hari raya agama Googlism. Salah satu bukti yang mereka kemukakan adalah Google mampu menjawab doa dan pertanyaan kita. Dengan mengetik keyword di search engine Google maka semua doa dan pertanyaan kamu akan tersedia, tapi kamu lah yang harus berusaha mengubah nasib kamu. 

“Tuhan” Google hanya menunjukkan caranya yaitu dengan menampilkan semua hasil pencariannya.

Pertama kali Googlism (The Church Of Google) didirikan oleh Matt MacPherson.  

9. Gereja Semua Dunia (Church of All Worlds)

Image
Foto: YouTube Islam Populer

Agama Church of All Worlds didirikan pada tahun 1962 oleh Oberon Zell-Ravenheart.  

Nama organisasi mereka diambil dari Strange in a Strange Land karya Robert Heinlein. Pengikutnya menyembah Bumi dalam bentuk Gaea, dan beberapa dewa yang diambil dari sebagian agama kuno (kebanyakan Yunani Kuno).

Oberon sendiri berstatus ‘Kepala Gereja’, dan bergelar ‘Primata’. Sementara pengikutnya disebut dengan istilah ‘Kaum Air’ atau Waterkin.

10. Cao Dai Temple (penyembah Dajjal)

Fakta Tentang Cao Dai Temple Agama Penyembah Dajjal Di Vietnam All Sing Eye
Foto: YouTube Islam Populer

Apakah kalian tahu bahwa baru-baru ini dikabarkan telah ada agama yang sangat aneh.  

Karena agama ini berbeda dari lainnya, dan tujuannya adalah kebalikan dari agama-agama lainnya, mereka adalah para penganut atau penyembah sang Lucifer atau sering disebut dengan Dajjal.

Agama ini bernama Cao Dai Temple yang berada di Tay Ninh berjarak 100 km dari Ho Chi Minh. Bangunan yang berwarna-warni ini juga memiliki arti yang melambangkan masing-masing kepercayaan di dalamnya. Tampak kombinasi antara bangunan masjid, pagoda indochine dan katedral.

Jika Anda masuk ke dalamnya, dinding-dinding yang berada di tengah hall memiliki beberapa patung ukiran yang menjadikan simbol kepercayaan, seperti patung ukiran Yesus, Hindu Brahma, Budha, Sufi Sikh, dan bahkan Nabi Muhammad. Tentu saja ini bentuk lain dari sebuah pelecehan terhadap Baginda Nabi besar Muhammad SAW. Parahnya, mereka ditempatkan dengan saling berdampingan.

Parahnya lagi, di dalam kuil tersebut terlihat lambang (All Sing Eye).  

Jika kita mengunjungi kuil ini di Vietnam, maka, akan kita temukan sebuah berhala yang ditempatkan di dalam kuil ini yang secara jelas ditujukan kepada penyembahan terhadap Dajjal si mata satu. Karena ada sebuah berhala yang ukurannya besar yang ditempatkan di dalam dengan gambar mata satu. Ornamen mata satu ini sendiri juga ditempatkan di dinding kuil, lengkap dengan segitiga mata satu kas logo piramid Illuminati (All Seeing Eye), juga di baju ibadah para pendeta agama Cao Dai ini.

Dengan melihat ini semua, banyak peneliti yang menganggap jika agama Cao Dai ini memang didanai langsung oleh kaum Freemason dan Illuminati. Kini pengikut agama Cao Dai ini diperkirakan berjumlah antara 2-3 juta jiwa di Vietnam dan di berbagai negara lain.

Topik
agama agama baru agama baru di dunia agama aneh di dunia 10 agama nyeleneh

Berita Lainnya