Sidang Isbat Digelar 12 April untuk Tentukan Awal Puasa 1442 H | Sumenep TIMES

Sidang Isbat Digelar 12 April untuk Tentukan Awal Puasa 1442 H

Apr 09, 2021 08:57
Ramadan (Foto:  Mvslim)
Ramadan (Foto: Mvslim)

INDONESIATIMES- Tinggal menghitung hari, umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa 1442 Hijriah. Untuk menentukan awal bulan puasa ini, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat pada Senin (12/4/2021) mendatang.  

"Insya Allah, sidang isbat awal Ramadan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya.  

Baca Juga : Catat! Berikut Jumlah Formasi dan Jadwal Pendaftaran PPPK dan CPNS 2021

Sidang isbat tersebut, nantinya akan dibagi menjadi 3 tahap. Pertama yaitu, pemaparan posisi hilal yang dilakukan anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag dimulai pukul 16.45 WIB dan akan disiarkan secara langsung.

Diketahui, secara hisab, posisi hilal awal Ramadan 1442 H sudah di atas ufuk yang berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit. Hasil hisab tersebut, nantinya dikonfirmasi melalui Rukyatul Hilal yang akan digelar di 86 titik di seluruh Indonesia.

Lalu tahap kedua yakni masuk dalam agenda sidang isbat awal Ramadan yang rencananya digelar setelah Salat Magrib dan dilangsungkan secara tertutup. Sementara tahap terakhir yakni, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI dan Medsos Kemenag.  

Baca Juga : Ide Tampil Lebih Fresh dengan Skirt dan Sneakers, Cocok untuk Acara Bukber Nih!

Sidang Isbat penentuan awal bulan Ramadan ini akan dihadiri oleh perwakilan Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, ormas-ormas Islam hingga lembaga yang berkaitan dengan Hisab dan Rukyat.

Topik
ibadah puasa sidang isbat bulan Ramadan

Berita Lainnya