Gempa M 6,7 Guncang Kabupaten Malang, Terasa Hingga Bali | Sumenep TIMES

Gempa M 6,7 Guncang Kabupaten Malang, Terasa Hingga Bali

Apr 10, 2021 15:01
Gempa yang baru saja melanda Kabupaten Malang (Foto: Istimewa).
Gempa yang baru saja melanda Kabupaten Malang (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Warga Kabupaten Malang dikagetkan dengan insiden gempa bumi yang terjadi pada hari ini, Sabtu (10/3/2021). Bukan hanya dirasakan di Kabupaten Malang dan Kota Malang saja, gempa juga terasa hingga ke berbagai daerah lain seperti Banyuwangi, Trenggalek, Yogyakarta, dan Bali.

Berdasarkan cuitan BMKG di Twitter, disebutkan jika gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Malang tersebut bermagnitudo 6,7 di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang. Gempa terjadi pada kedalaman 25 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, masyarakat tetap diminta untuk tetap waspada.

Baca Juga : Gempa M 6,7 Mengguncang Kabupaten Malang, Terasa Hingga Banyuwangi 

 

Salah satu warga Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang Yosi menyampaikan, gempa terjadi dua kali. Gempa pertama terasa kuat dan hanya sebentar. Namun gempa yang ke dua terasa lebih lama dan sangat kuat. Sehingga menimbulkan kepanikan di sekitar kawasan perumahannya.

"Sangat terasa getarannya. Awalnya terasa ringan, tapi kok lama-lama kenceng banget. Waktu lihat ke luar, tetangga sudah pada di luar dan bilang gempa. kabel listrik depan rumah aja goyangnya sangat kenceng. Sempat panik tadi," katanya.

Bahkan, getaran yang cukup dahsyat itu menurutnya juga sampai hingga ke Banyuwangi dan Yogyakarta. Pasalnya, beberapa rekan dan saudaranya yang berada di ke dua daerah tersebut juga menyatakan jika Banyuwangi dan Yogyakarta terasa getaran gempa di waktu yang bersamaan.

"Temenku ada yang di Banyuwangi, bilang di sana kerasa gempa juga. Saudara di Yogyakarta juga bilang begitu. Mungkin memang terasa sampai sana," jelasnya.

Getaran serupa juga dirasakan Dicky Bisinglasi yang tengah berada di Pulau Bali. Menurutnya, getaran yang terasa juga cukup kuat. Alhasil membuat sedikit panik. “Lumayan sampe sini (Bali; red). Akun sosial media di sini banyak yang update kerasa gempanya,” kata Dicky.

Sementara itu, salah satu tim JatimTIMES Nurlayla Ratri yang sedang berada di Jawa Tengah mengatakan jika getaran gempa cukup kuat dan berlangsung cukup lama. 

“Banyak warga yang ke luar rumah meski gempa nggak sekuat di Malang. Tapi warga di desa sini langsung membunyikan kentongan, tanda gempa,” jelasnya.

Baca Juga : Berhamburan Keluar Rumah, Situasi Gempa di Tulungagung Bikin Kaget 

 

Hal serupa juga dirasakan warga Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Inong. Dia menyebut jika gempa terasa sangat kuat dan membuat pepohonan yang berada di sekitar rumahnya bergoyang cukup kuat.

"Saya pikir awalnya saya yang pusing, karena kayak kerasa gerak sendiri gitu. Lama-lama saya sadar kalau barang-barang dalam rumah bergerak. Akhirnya saya ke luar sambil teriak ngajak orang di dalam rumah ikutan keluar. Alhamdulillah tidak sampai terjadi apa-apa," jelasnya.

Sementara itu, warga Trenggalek Arifina Cahyanti juga turut merasakan getaran gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut. Menurutnya, getaran tersebut cukup hebat.

"Saya lihat bangunan rumah aja sampai bergoyang gitu yang di sini (Trenggalek; red)," katanya.

Topik
Gempa Bumi Kabupaten Malang insiden gempa bumi

Berita Lainnya