Wabup Nyai Eva: Pancasila Harus Jadi Dasar Kehidupan Sehari-hari | Sumenep TIMES

Wabup Nyai Eva: Pancasila Harus Jadi Dasar Kehidupan Sehari-hari

Jun 01, 2021 17:44
Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah bersama jajaran Forkopimda setempat saat mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual (Foto: Kominfo for SumenepTIMES)
Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah bersama jajaran Forkopimda setempat saat mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual (Foto: Kominfo for SumenepTIMES)

SUMENEPTIMES - Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah bersama jajaran Forkopimda setempat mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, Senin (01/6/2021).

Pelaksanaan upacara secara virtual itu diikuti dari ruang VIP Rumah Dinas Bupati dan berlangsung sederhana dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca Juga : Diskusi Hari Pancasila, PDIP Lumajang Ajak Kader Tingkatkan Gotong-Royong

Wakil bupati mengatakan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kehidupan berbangsa, dan bernegara.

"Diharapkan masyarakat tetap menjaga dan melestarikan keluhuran makna dan nilai-nilai Pancasila sebagai bentuk identitas dan kepribadian bangsa," katanya saat ditemui usai mengikuti upacara secara virtual.

Menurutnya, peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga untuk memperkuat persatuan dan kesatuan supaya tidak terjadi perpecahan di tengah-tengah masyarakat, akibat adanya sikap intoleran di tengah keberagaman.

Untuk itu Nyai Eva, sapaan akrabnya, meminta seluruh elemen masyarakat untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam rangka mencegah rusaknya moral dan mental generasi muda, sehingga tercipta generasi yang berkarakter budaya.

Baca Juga : Peringatan Hari Lahir Pancasila Dewanti Kenakan Pakaian Adat Lampung, Agar Pemuda Tahu

"Saat ini, ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan, sehingga kita harus benar-benar mengamalkan nilai-nilai Pancasila agar keberagaman itu menjadi "rahmat" dan kehidupan tetap aman dan damai," tuturnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 di masa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan secara virtual, mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Topik
Hari Lahir Pancasila Peringatan Hari Lahir Pancasila upacara peringatan hari lahir pancasila di sumenep

Berita Lainnya