Pencari Kerja di Bangkalan Cenderung Menurun Dibandingkan Sebelum Pandemi Covid-19   | Sumenep TIMES

Pencari Kerja di Bangkalan Cenderung Menurun Dibandingkan Sebelum Pandemi Covid-19  

Jan 13, 2022 14:08
Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Ketenagakerjaan Disperinaker Bangkalan Hariyani Fitrianingsih, saat ditemui diruangannya (Foto: Imam/JatimTIMES)    
Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Ketenagakerjaan Disperinaker Bangkalan Hariyani Fitrianingsih, saat ditemui diruangannya (Foto: Imam/JatimTIMES)   

JATIMTIMES - Angka pencari kerja selama pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan relatif menurun dibandingkan dengan sebelum wabah menyerang. Menurut data yang terhimpun di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bangkalan terhitung sejak 2017 hingga 2021 lalu ada penurunan pencari kerja

Pada 2017 terdapat 638 orang pencari kerja, disusul 2018 cenderung meningkat, yakni sebanyak 1.230 orang. Selanjutnya pada 2019, para pencari kerja kembali menurun yakni sebanyak 408 orang pencari kerja. Sementara itu, jika melihat data angka pencari kerja saat pandemi menyerang pada 2020 lalu, pencari kerja yang terdaftar di Disperinaker malah menurun drastis. 

angka-pencari-kerja-bangkalan-03e44d388fd427180c.png

Baca Juga : Disuntik Booster Vaksin Covid-19, Mantan Sekda Kota Malang Beri Pesan Ini

 

Menurut data yang diperoleh, pada 2020 terdapat 180 orang pencari kerja. Sedangkan angka pencari kerja yang terdaftar di Disperinaker 2021 menurut datanya meningkat, yakni sebanyak 289 orang pencari kerja. Jadi angka akumulatif dari 2017 hingga 2021 para pencari kerja sebanyak 2.745 orang. 

"Data itu hanya bagi orang yang terdaftar saja. Jadi mereka yang datang kesini saja yang kami data. Belum lagi yang tidak mendaftar, saya tidak tahu," kata Hariyani Fitrianingsih Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Ketenagakerjaan Disperinaker Kabupaten Bangkalan saat ditemui di ruangannya, Kamis (13/1/2022). 

Selain itu dia menjelaskan, dari angka pencari kerja yang ia terima selama 2021, dari angka 289 orang pencari kerja yang mendapatkan pekerjaan sebanyak 197 orang. Adapun rinciannya dari 197 orang tadi, penempatan kerjanya berbeda-beda. Ada yang di dalam negeri sebanyak 89 orang, sedangkan yang di luar negeri atau sebagai TKI/PMI sebanyak 108 orang. 

Saat ditanya kalau para pencari kerja tadi tidak mendapatkan pekerjaan, langkah apa yang akan dilakukan oleh Disperinaker, pihaknya mengaku sudah menyiapkan balai latihan kerja untuk para pencari kerja. Hal itu sebagai bentuk usahanya untuk meningkatkan kompetensi para pencari kerja. 

Baca Juga : Target PAD Sektor Pariwisata 2022 Dinaikkan, Sumenep Bakal Kerja Keras

 

"Yang jelas kami sudah menyiapkan balai latihan kerja untuk para pencari kerja. Mulai dari latihan menjahit, las, otomotif, komputer dan listrik," jelasnya. 

Akan tetapi, dia mengaku, dari latihan kerja yang ia maksud sifatnya tidak memaksa. Kalau pencari kerja tadi berminat silahkan mengikuti. "Kalau tidak mau ya tidak masalah, karena itu sifatnya hanya tawaran dari kami. Yang jelas kami sudah menyiapkan balai latihan kerja untuk para pencari kerja yang masuk ke Disperinaker," pungkasnya.

Topik
angka pencari kerja pencari kerja bangkalan disperinaker bangkalan Pandemi Covid 19

Berita Lainnya